cover
Contact Name
Ika Chastanti
Contact Email
Chastanti.ika@gmail.com
Phone
+628116511986
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017" : 10 Documents clear
PENENTUAN ANTOSIANIN DARI DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss.) SERTA ALIKASINYA SEBAGAI PEWARNA MINUMAN Dini Hariyati Adam
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1197

Abstract

Penelitian tentang penentuan antosianin dari daun bayam merah dan aplikasinya sebagai pewarna dalam minuman telah dilakukan. Daun segar bayam merah ekstrak etanol ditambahkan 0,1 M HCl dan CH3COOH 25% dan etanol tanpa penambahan asam. Ekstraksi di tempatkan pada tempat gelap selama 24 jam. Ekstrak diuji stabilitas terhadap pengaruh konsentrasi, pH, suhu, dan kondisi penyimpanan. Kemudian diidentifikasi oleh spektrofotometer UV-Vis dan lapisan tipis chromatografi (TLC). Hasil dari pengaruh konsentrasi menunjukkan bahwa jenis antosianin bayam merah cyanidin, yang didasarkan pada nilai absorbansi maksimum pada 290 nm (UV) dan 536 nm (terlihat). Hasil dari efek asam tipe menunjukkan bahwa konsentrasi tertinggi antosianin. Monomer dan total antosianin berada di 0,1 M HCl, yang memiliki nilai 43,08 mg / L dan 132,76 mg / L. Hasil dari efek pH menunjukkan ekstrak antosianin stabil pada pH 1-3, karena pada pH antosianin ini dalam bentuk kation flavilium. Suhu Efek menunjukkan bahwa antosianin berada di stabil pada suhu 60oC, karena pada suhu ini, degradasi pewarna adalah 25,14%. Kondisi pengaruh penyimpanan, antosianin stabil dalam penyimpanan pada suhu lemari es (
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH HULU AEK KANOPAN Rahmi Nazliah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dan tanpa menggunakan Numbered Head Together pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aekkanopan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aek kanopan yang berjumlah 165. Sedangkan yang menjadi sampelnya yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas perlakuan dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,856. Hipotesis penelitian diuji dengan melakukan uji thitung taraf signifikan a = 0,05 derajat kebebasan (dk) = ni + n2
DESKRIPSI MORFOLOGI IKAN YANG TERTANGKAP DI ALIRAN SUNGAI PERCUT Riri Safitri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi morfologi ikan yang tertangkap di aliran sungai percut. Sampel ikan yang diteliti merupakan ikan yang tertangkap dibagian hulu, tengah, dan hilir sungai percut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret s/d april 2014 di daerah aliran sungai Percut Sumatera Utara. Metoda yang digunakan dalam penentuan lokasi sampling untuk pengambilan sampel ikan adalah
PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK IPA SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD PADA MATERI RANGKA MANUSIA Roy Parsaulian
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1203

Abstract

Komik pembelajaran merupakan media yang baik dalam menyampaikan pesan berupa penyampaian materi pembelajaran IPA sains kepada para siswa. Karena visual mereka, menarik, lucu dan perspektif, serta memiliki daya tarik keseluruhan sehingga komik dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu atau memudahkan para siswa memahami materi pelajaran IPA sains. Dengan pengajaran strategi inovatif ini para siswa akan menjadi lebih fokus dan memahami dari apa yang telah dia baca jika buku pelajaran dapat disajikan dalam bentuk hobi kegemaran mereka yang salah satunya yang diaplikasikan dalam bentuk komik pembelajaran, dengan kata lain para siswa lebih menyukai strategi pengajaran yang lebih kreatif dengan menggunakan sumber belajar berupa media komik. Oleh karena itu perlu adanya penyertaan buku teks IPA sains yang berupa komik pembelajaran IPA sains kepada siswa sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik di sekolah.
PEMBERIAN DOSIS PROBIOTIK BERBEDA TERHADAP KELULUSAN BENUR UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius) Khairul Khairul
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1199

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas primadona di subsektor perikanan. Permintaan pasar domestik dan ekspor terhadap udang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun banyak permasalahan yang sering muncul dan dihadapi oleh pembudidaya seperti rendahnya tingkat kelulusan hidup benur. Hal ini sudah barang tentu berimbas pada menurunnya hasil panen udang. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kelulusan hidup benur udang windu, namun belum menunujkan hasil yang maksimal. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah penggunaan probiotik untuk memperbaiki kualitas air dan juga menekan pertumbuhan mikroba patogen. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian mengunakan probiotik yang diujicobakan ke wadah pemeliharaan dengan berbagai dosis berbeda. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil kelulusan hidup benur windu tertinggi pada perlakuan A (92%), diikuti perlakuan B (83%), perlakuan C (76,33%) dan perlakuan C (65,67%). Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa Fh (18,33) > Ft 0,01 (7,59) berarti perlakuan pemberian probiotik memberikan pengaruh yang sangat nyata (highly significant) terhadap kelulusan hidup benur udang windu.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA Maharani Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui hasil belajar biologi dengan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Biologi siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling. Kepada kelas eksperimen diberikan model Pembelajaran Advance Organizer sedangkan kepada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen adalah kelas X-IPA2 dan kelas kontrol adalah kelas X-IPA4, yang masing-masing siswa berjumlah 35 orang. Dari pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 0,340 < ttabel = 1,669 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Model pembelajaran Advance Organizer berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA SWASTA AEK NABARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Novi Fitriandika Sari
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1195

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Aek Nabara, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhan Batu pada tanggal 8 Maret s/d 28 Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi plantae di kelas X. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu X2 dan X3. Teknik pengambilan sampel adalah tekhnik random sampling,
DISTRIBUSI SPASIAL DAN KELIMPAHAN POPULASI UDANG WINDU (Penaeus monodon) DI PERAIRAN MANGROVE BELAWAN Rivo Hasper Dimenta; Son Arismen
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan populasi udang windu (Penaeus monodon). Penelitian yang berlangsung pada bulan April - Juni 2016 di ekosistem mangrove Belawan menggunakan metode pengambilan sampel Purposive Random Sampling. Pengambilan sampel dilakukan 2 kali setiap bulannya secara stastis/menetap, pada saat pasang dan surut dengan menggunakan jaring ambai. Analisa Data distribusi udang menggunakan Correspondent Analysis (CA) pada software XLStat. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan populasi udang windu berukuran kecil memiliki kelimpahan cukup tinggi pada stasiun 1 (8 ind/m2) dan udang windu berukuran sedang terlihat memiliki kelimpahan cukup tinggi pada stasiun 2 (12 ind/m2), stasiun 3 (7 ind/m2), stasiun 4 (8 ind/m2) dan stasiun 5 (8 ind/m2). Diagram analisa CA menggambarkan bahwa distribusi spasial udang windu terpusat pada 2 sumbu utama yang masing-masing menjelaskan keterkaitan sebesar 84,31% dan 14,56% dari ragam total (98,87%). Sehingga dIsimpulkan bahwa terbentuk 2 kelompok besar yang mempunyai keterkaitan erat antara kelompok udang windu yang tertangkap menurut kelas ukuran dan jenis kelamin terhadap ragam faktor fisik-kiimia lingkungan pada stasiun pengamatan
MORFOMETRIK DAN POLA PERTUMBUHAN KIJING (Glauconome virens, LINNAEUS, 1767) DI EKOSISTEM MANGROVE BELAWAN Rusdi Machrizal
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan menganalisis data morfologi dan pola pertumbuhan kijing (Glauconome virens). Penelitian berlangsung pada bulan Januari sampai Maret 2014 di ekosistem mangrove Belawan. Sampel dikumpulkan dengan membuat transek kuadrat berukuran 1 x 1 m2 sebanyak 45 buah dengan jarak 1 m. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan linier positif antara panjang dengan lebar, panjang dengan tebal, serta lebar dengan tebal. Hasil analisis panjang berat menunjukkan bahwa kijing memiliki pola pertumbuhan allometrik negatif
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA SUB MATERI JARINGAN HEWAN DI KELAS XI SMA SWASTA AEK NABARA Halimah Sakdiah Boru Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang baik digunakan antara STAD dengan Direct Instruction (DI) pada Sub materi jaringan Hewan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta AEKNABARA yang beralamat Jalan Perhubungan No. 69 Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas, dengan sampel sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tes berupa soal tentang Jaringan hewan. Evaluasi dilakukan dengan memberikan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Data dianalisis dengan uji t. Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Student Teams Achiement Division (STAD) pada Sub Materi Jaringan Hewan di SMA Swasta AEK NABARA adalah 7,57 (termasuk kategori cukup) dengan standart deviasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue